Aspek Organologis dan Musikologis Suling Kebyar

I Ketut Yasa

Abstract


ABSTRACT

Suling kebyar (kebyar flute) is a flute that is used in a Gong Kebyar ensamble. Gong Kebyar can be interpreted as a gamelan in which it plays using the system of "kekebyaran"that is playing by prioritizing the compactness of voice, melody, and the tempoina full variation.  Suling kebyar is studied from the organological and musicological approaches. Fromthe organological aspect, it indicates that the place to find the materials is nearly vanished; the drying process requires a longer time, while the tool and manufacture procedures are simple. Meanwhile froma musicoloical aspect, it indicates that the gending using the flute mostly has a motif, not patterned, and has a smooth character. The musical aspect produces a falseto sound because of the tones coming from thebilahinstruments(gangsa, jublag, and jegogan)which have two versions of sound, namely pengumbang and pengisep.

Keywords:  kebyar flute, organology and musicology approaches

ABSTRAK

Suling kebyar adalah suling yang digunakan dalam perangkat gong kebyar.  Gong Kebyar dapat diartikan sebagai suatu barungan/perangkat gamelan yang menabuhnya menggunakan sistem “kekebyaran”, yaitu menabuh dengan mengutamakan kekompakan suara, melodi,dan tempo penuh variasi. Suling Kebyar dikaji dari aspek organologis dan musikologis.Hasil penelitian organologis menunjukkan bahwa lokasi bahan sudah mulai langka, proses pengeringan membutuhkan waktu relatif lama, sedangkan alat dan kronologis pembuatan bersifat sederhana. Sedangkan hasil kajian  musikologis menunjukkan bahwa gending yang menggunakan suling kebanyakan bermotif,  bukan jalinan, yang berkarakter halus.  Musikalitas yang dihasilkan berkesan fals (blero), karena nada-nada dari instrumen bilah (gangsa, jublag, danjegogan)memiliki suara dua versi yakni:pengumbang dan pengisep. 

Kata Kunci: suling kebyar, organologis, dan musikologis


Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. S. (2017). Kajian Organologi Musik Bundengan di Wonosobo. (Sarjana), Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia, Surakarta.

Chaya, I N. (1990). I Mario Perintis Pembaharuan Tari Bali. (Magister), Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta.

Dibia, I W. (1979).Sejarah Perkembangan Gong Kebyar di Bali. Dalam bentuk brosur.Tp.

Hendarto, S.& Hastanto, S. (2011). Organologi dan Akustika I & II. Bandung: Lubuk Agung.

McPhee, C. (1996). Music in Bali:A Study in Form and Instrumental Organization in Balinece Orcestral Music. New Haven and London: Yale University Press.

Raharjo, W. D. (2015). Kajian Organologis Suling Sléndro dan Pélog Gaya Surakarta Studi Bahan: Bambu, Pipa PVC dan Aluminium.(Sarjana), Fakultas Seni Pertunjukan, Institut Seni Indonesia,Surakarta.

Rembang, I N.(1977). Daftar Kalsifikasi Gamelan Bali.Kertas kerja untuk Serasehan Besar Karawitan Bali di Pusat Kebudayaan Jawa Tengah di Surakarta.Tanggal 27s/d 31 Agustus.

Santosa. (2008). Eksplorasi dalam Komunikasi Musikal Pertunjukan Gamelan.Panggung, 18(1), 16-17.

Senen, I W.(1993).Wayan Beratha Tokoh Pembaharuan Gamelan Kebyar Di Bali.(Magister), Universitas Gajah Mada,Yogyakarta.

Sudarto, T. (2010). Tari dalam Perubahan Politik di Keraton Cirebon.Panggung20 (4), 355-366.

Sugiartha, I G. A. (1996). Gemelan Pegambuhan Pengaruhnya Terhadap Gamelan Golongan Madia Dan Baru Dalam Karawitan Bali.(Magister),Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.

Mustika, M.(2015). Peringatan 100 Tahun Gong Kebyar Pengaruhnya Terhadap Kesenian Tabuh di Bali Luar Biasa.Majalah HinduRadityaEdisi 218.

Sukerta, P. M. (2009). GongKebyar Buleleng Perbedaan dan Keberlanjutan Tradisi Gong Kebyar. Surakarta: Institut Seni Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v28i1.482

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.26742/panggung.v28i1.482.g369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexs Journal


Print ISSN: 0854-3429 (Media Cetak) 
Online ISSN: 2502-3640 (Media Online) 


web
analytics Visitor View


 Jurnal ini terlisensi oleh Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Editor Office:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung Gedung Rektorat Lantai 4
Jl. Buah Batu No. 212 Bandung 40116 
Email: penerbitan@isbi.ac.id or redaksi.panggung@gmail.com
Phone: 022 7314982 Fax: +022 7303021